CARI

21 October 2013

Nemu Duit

Pada Sabtu pagi yang agak mendung, kakak-beradik sedang asik jogging di Stadion olahraga utama kota.

“Ih, nemu duit!” Teriakan si adik membuat kakaknya menoleh kebelakang, memerhatikannya sedang memungut sesuatu.

“Berapa?” Sahut sang kakak acuh tak acuh.

“Dua ribu.” Terkekeh-kekeh adiknya seperti orang sedang menang lotre. “Tapi biasanya kalau nemuduit, terus dijajanin, pasti duit gue ilang lebih dari ini. Dulu nemu dua ribu ilangnya dua puluh ribu.”

Masih jelas ingatan kakaknya akan cerita adik lelaki satu-satunya yang sering kali menemukan uang di jalanan. Tetapi sialnya, beberapa hari setelah itu, pasti uangnya hilang. Dan lebih sialnya lagi, uang yang hilang jumlahnya bekali-kali lipat daripada uang yang dia temukan di jalanan. Kasihan.

“Disumbangin aja.” Kakaknya memberi saran, “daripada nanti duit lu ilang lagi.”

Tetapi si adik memiliki ide yang lain, “lumayan buat parkir motor,” katanya.


Keesokan harinya. Minggu siang cuaca cerah, kakak-beradik itu sedang tidak kemana-mana, memenuhi rumah bersama Mamaknya.

"Mak, tadi nemu duit nggak di lantai, lima ribu?"

Enggak.” Begitu saja sahutan dari Ibunya, sepertinya Ibunya tidak peduli anak lelakinya kehilangan uang sebesar lima ribu rupiah saja.

"Nek, lu liat duit gue nggak? Jatuh di lantai, lima ribu." Tanya adik kepada kakaknya yang sedari tadi asik sendiri di balik laptop kesayangannya. Tetapi kakaknya tidak menjawab pertanyaannya. Si adik sudah paham sebetulnya, kalau tidak menyahut berarti kakaknya sedang tidak ingin diganggu.

Kalau lagi bokek, duit lima ribu kan berharga banget." Gumaman si adik terdengar samar-samar seiring kepergiannya menjauhi ruangan. "Ini pasti gara-gara nemu duit kemarin deh!" Meninggalkan ruangan tempat dimana Ibunya sedang duduk-duduk dan kakaknya sedang asik sendiri dengan laptop kesayangannya.

Adiknya tidak mengetahui bahwa di balik laptop kesayangannya, sang kakak sedang bercekikian geli. Dia tersenyum bukan karena melihat gambar-gambar lucu pada layar laptopnya, tetapi sedang mengingat kejadian tadi pagi ketika dia menemukan uang lima ribu rupiah pada lantai di samping tempat tidurnya.

13 comments: